Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu Secara Lengkap



Emas adalah salah satu aset yang sangat berharga dari waktu ke waktu,dan ada kalanya menjadi pembanding untuk menilai suatu barang.sehingga banyak orang membeli emas sebagai hadiah kepada orang yang dikasihi.

Dan untuk urusan investasi atau menjaga nilai kekayaan emaslah yang paling bersinar dibanding perak.namun banyak dari kita khawatir apakah ema yang kita beli itu asli atau tidak,melihat dari harga yang dikeluarkan untuk membeli emas tidaklah sedikit.

Untuk melihat keaslian emas sebetulnya sedikit sulit jika kita masih awam,saat pertama kali melihat benda menyerupai emas yang berkilap pasti dianggapan teman-teman itu adalah emas asli.SeputarLM akan memberikan sedikit penjelasan bagaimana membedakan emas asli dan palsu disimak ya.

  1. Perhatikan Fisik dari emas tersebut : perbedaan dari tampilan fisiknya biasanya memiliki tanda-tanda khusus yang ada pada emas murni asli atau emas batangan.contohnya dari kadar emas tersebut semakin besar kadarnya semakin kuning warnanya.dapat dilihat perbedaannya pada postingan SeputarLM sebelumnya.
  2. Warna emas jika digosok tidak berubah : Teman-teman coba gosok permukaan emas yang dibeli jika emas tersebut tidak pudar makan kemungkinan aslinya 70%.
  3. Jika digigit emas lunak : emas adalah logam mulia yang lunak dan mudah untuk dibentuk Karena semakin tingginya kadar karatnya, maka emas akan jadi semakin lunak dan kebalikannya jika kadarnya dibawah 24 karat akan semakin keras.
  4. Emas tidak akan menempel pada magnet : emas adalah logam non magnetis maka jika didekatkan dengan magnet tidak akan tertarik ataupun menjauh.
  5. Digoreskan ke keramik atau kertas bentuk tidak berubah : Cobalah goreskan emas kalian pada keramik/kertas jika tidak meninggalkan goresan sedikitpun maka bisa dipastikan itu adalah emas asli dan bukan kuningan ataupun barang yang dicat menyerupai emas.
  6. Diteteskan asam warna tidak berubah : cobalah dengan membeli asam nitrat dan teteskan ke emas yang baru dibeli , jika air asam tersebut tidak berubah warna maka emas tersebut adalah asli,jika berubah menjadi hijau berisi lapisan besi,jika menjadi kuning maka itu adalah kuningan,dan jika warna putih itu adalah perak.
  7. Cek di butik lm/pegadaian : ini adalah cara paling efektif karena akan diperiksa oleh petugas dengan teknik khusus agar emas tersebut dapat dilihat keasliannya
  8. Gunakan aplikasi certieye : ini hanya berlaku pada emas kemasan terbaru yang telah memiliki barcode pada kemasan emasnya,dan jika kemasan certicard tidak rusak lalu discan keluar detail nomor emas,tahun pembuatan dan prosuksi emas dipastikan itu adalah asli.

Sekian penjelasan singkat SeputarLM,semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca.jika ada yang ingin ditambahkan komen dibawah ya.

0 Response to "Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel