Mengenal Koin Dirham Secara Spesifik

DIRHAM

Dirham atau dirhem atau Dirhm (درهم) merupakan satuan mata uang pada beberapa negara di bagian Arab, juga Tajikistan, dan dulunya, terkait dengan satuan massa (Ottoman dram) pada Kekaisaran Utsmaniyah & Persia.


Pada tahun 2013 lalu, Dirham kembali digunakan oleh masyarakat Indonesia di bawah naungan Wakala Induk Nusantara (WIN), dan di awasi oleh World Islamic Mint (WIM).
Koin dirham yang dicetak oleh WIN menggunakan bahan dasar perak murni seberat 2,975 gram dan diberi nilai 1 Dirham. Ukuran ini disahkan oleh Khalifah Umar Bin Khattab dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Untuk memperkenalkan koin Dirham sebagai alat tukar, maka pada tahun 2009 dibentuklah Jaringan Wirausaha pengguna Dinar dan Dirham Nusantara (JAWARA) di Jawa Barat,Bandung. Sekarang anggota JAWARA telah mencapai puluhan pedagang & penerima jasa di kota Bandung.

Selain sebagai alat tukar&jual-beli, Dirham juga berfungsi untuk bayar zakat, sedekah, mahar pernikahan, tabungan haji, tabungan pendidikan, dll. Kini posisi uang kertas yang tak bernilai telah digantikan oleh keberadaan koin Dirham Perak yang memiliki nilai intrinsik yang sama dengan nilai nominalnya.

Nah gimana nih udah nambah pengetahuannya kan tentang koin Dirham ?

Semoga bermanfaat ya.

Sekian,SeputarLM

0 Response to "Mengenal Koin Dirham Secara Spesifik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel