Pengertian EMAS Secara Spesifik


Pengertian Emas (GOLD)

Emas adalah unsur kimia yang dalam satuan tabel periodik merupakan bagian kelompok B dari family I dengan simbol Au (Bahasa Latin: 'aurum') dan nomor 79 bersama dengan perak dan tembaga. Emas merupakan logam transisi (trivalen dan univalen) yang kuning, mengkilap, lunak, lentur, berat, dan mudah dipahat/tempa sampai dengan ketebalan 0,0001 mm.


Emas tidak akan bereaksi dengan kebanyakan zat kimia lainnya, tetapi permukaannya dapat menjadi pudar oleh klorin dan fluorin. Logam ini banyak terdapat sebagai bungkal (nugget) emas / serbuk dalam batuan & pada endapan aluvial, serta merupakan salah satu logam yang dapat dijadikan mata uang (coinage). Kode International Organization for Standardization untuk emas adalah XAu. Emas dapat melebur pada suhu sekitar 1.000 derajat celcius FA.


Kandungan Emas Pada Kerak Bumi(Batuan)

Kandungan emas dalam kerak bumi rata-rata 0,05 ppm, perbandingan Au & Ag 0,7. Rata-rata kandungan Au dalam batuan beku: 0,04 ppm dalam ultramafik; 0,07 ppm dalam gabro-basalt; 0,05 ppm dalam diorit-andesit; dan 0,003 ppm pada granit-riolit. Sementara kandungan Au dalam batuan sedimen: 0,03 ppm dalam batupasir dan konglomerat; 0,04 ppm dalam serpih; dan 0,03 ppm dalam batu gamping.


Nah itu sekilas Pengertian emas yang masih mentahan teman,semoga bisa menambah ilmu teman-teman yang membaca ya.

Sekian,SeputarLM

0 Response to "Pengertian EMAS Secara Spesifik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel