Pengertian Perak Murni Dan Sterling Silver

 Jika teman-teman SeputarLM mendengar perak murni dan sterling silver,mungkin beberapa orang akan menganggapnya sama saja,namun kenyataannya perak dan sterling silver bukanlah istilah atau benda yang sama.Letak perbedaanya adalah pada jumlah perak yang terkandung dalam logam tersebut. Kali ini SeputarLM akan sedikit menguraikan beberapa persamaan dan perbedaan antara perak murni dan sterling silver.

https://www.seputarlm.com

 Pengertian Perak Murni dan Sterling Silver

 Perak murni atau fine silver,logam sering digunakan untuk membuat asesoris maupun perhiasan,serta karakteristik perak sangatlah lembut dan mudah dibentuk seperti pada logam emas,dan mudah kehilangan keaslian bentuknya.Perak murni sangat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam perhiasan karena hal tersebut.untuk mengatasinya,perak digabungkan dengan logam lain untuk membuat percampuran yang lebih kokoh dan kuat sehingga perak bisa digunakan dalam perhiasan.perak murni terdiri dari 99.9% perak dan 0.1% kandungan lainnya.

 salah satu gabungan yang sering dipakai adalah sterling silver.kandunagnnya terdiri dari 82.4% perak murni dan 7.6% logam lainnya seperti seng ataupun tembaga.sterling silver diklaim lebih tahan lama dari pada perak murni dan sangat cocok digunakan pada perhiasan.


Cara mengetahui perbedaan Sterling silver dan Perak Murni

Perhiasan yang berbahan dari perak asli wajib memiliki cap tertentu pada bagiannya.yang disebut sebagai hallmark, Tanda solid untuk perak murni adalah 999 dan untuk streling silver dapat di identifikasi dengan beberapa ciri khas berbeda yang paling umum adalah kode 925,serta ciri untuk perak murni lainnya adalah STER,STG,STERLING atau Sterling Silver.

Hallmark sering ditempelkan/dicap dengan huruf dan angka kecil pada bagian permukaan perak.dan untuk melihatnya dengan jelas diperlukan kaca pembesar atau mikroskop untuk dapat melihat jelas stampel Hallmark ini.

 

Kekuatan Dan Ketahan Perak Murni Dan Sterling Silver 

Logam sterling silver sangat kuat,tahan lama serta dapat bertahan seumur hidup.perhiasan yang berbahan dasar sterling silver dapat dengan mudah dipoles untuk menghaluskan permukaannya dan agar terlihat kilauan aslinya.Namun jika perhiasan sterling sering terkena air atau udara yang lembab harus lebih sering dipoles karena warnanya cepat kusam.ini disebabkan kandungan logam lainnya seperti tembaga serta seng yang bereaksi dengan unsur-unsur lain dan teroksidasi.

Perak murni berkebalikan dengan sterling silver yang tidak tahan lama jika digunakan sebagai perhiasan.meskipun tetap bisa digunakan.disamping itu perak murni tidak mudah pudar jika terkena air ataupun lembab.


Sekian sedikit artikel mengenai pengertian perak dan sterling silver dari SeputarLM,semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca.


SeputarLM

0 Response to "Pengertian Perak Murni Dan Sterling Silver"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel